Perkembangan Teknologi Informasi Pada PT Pos Indonesia
PT Pos Indonesia sampai saat ini
bisa berdiri itu semua tidak lepas dari Teknologi yang di pakai oleh PT Pos
Indonesia sendiri.
Dari layanan yang ada pada PT Pos
Indonesia kita dapat melihat perkembangan teknologinya.
1. Same day delivery / pos express
Layanan yang artinya barang tiba
pada hari yang sama dengan waktu pengiriman dalam tempo 24 jam. Terdapat 116
kota telah berhasil menjalankan layanan tersebut. Ketepatan pengiriman barang
meningkat menjadi 96%. Dalam layanan ini PT Pos indonesia menggunakan sistem
tracking yang dimana jaringan pos terintegrasi dan terkoneksi yang memungkinkan
status kiriman lebih mudah di lacak.
2. EMS (Express Mail Service) &
i-post
EMS merupakan layanan logistik
secara global dengan layanan ini kiriman surat atau barang akan lebih cepat
sampai ke negara tujuan. Standar waktu penyerahan maksimal 3 hari. Dalam
layanan ini PT Pos bekerja sama dengan PTUPS Cardig International sebagai
market leader dalam bisnis logistik dunia. Selain itu juga ada jaminan uang
kembali jika masa pengiriman melibihi waktu yang di tetapkan. Pelanggan juga
dapat melacak perjalanan barang yang dikirimnya melalui website PT Pos. Layanan
ini menggunakan sistem online sebagai sistem tracking.
Sedangkan i-post layanan pengiriman
surat atau barang dalam jangkauan domestik.
3. Enterprise Resource Planning
(ERP)
PT Pos menggunakan ERP untuk
mengintegrasikan seluruh sumber daya, informasi dan aktivitas yang yang
diperlukan untuk proses bisnis.
4. Aplikasi Customer Relationship
Management (CRM)
PT pos memanfaatkan sistem CRM
adalah untuk mengelola program - program yang ada.
contoh :
- Program Jejak Pendapat
Sarana untuk berkomunikasi dengan
PT. Pos Indonesia tentang kiriman maupun informasi jasa pos Indonesia, yakni
melalui Email, Facebook dan Twitter, yang dapat diakses secara langsung dari
website PT Pos Indonesia.
5. Aplikasi Supply Chain Management
(SCM)
Selain mengembangkan sistem dalam
bidang pengiriman surat atau barang PT pos juga mencoba sasaran bisnis lain
yakni dengan mempunyai outlet belanja produk–produk lengkap khas Indonesia
secara online yang bernama Plaza Pos yang dapat diakses melalui website dengan
alamat www.plazapos.com
Serta memiliki program www.e-fila.com yang
menjual produk prangko Indonesia.
PT. Pos Indonesia memanfaatkan
sistem SCM untuk mengelola akun-akun pemasoknya.
- Pemasok utama adalah mereka yang telah mempunyai pengetahuan memadai mengenai sitem informasi dan internetworking, serta mempunyai akses jaringan yang baik, dapat memantau data dan kegiatan pasokan mereka secara online dan realtime.
- Pemasok konvensional yang masihmenggunakan telepon atau cash and carry dikelola datanya oleh karyawan mitra utama, dimana transaksi dilakukan
Sistem SCM pada program Plaza Pos |
6. Aplikasi Transaction Processing
Systems (TPS)
Sistem ini mendukung program Plaza
Pos yakni dalam pembayaran secara online.
Sistem Permrosesan Transaksi Online di Plaza Pos |
7. Aplikasi Integrasi Perusahaan /
Enterprise Application Integration (EAI)
Aplikasi EAI pada PT Pos Indonesia
salah satunya adalah member area pada plaza pos dengan demikian perusahaan
mengetahui informasi pelanggan yang mengunjungi Plaza Pos.