Data Transformation Service (1)

  • DTS adalah memindahkan data dari database OLTP ke data warehouse dengan tujuannya. Hal ini dilakukan ketika validasi, cleaning up, konsolidasi, dan mengubah data yang diperlukan. (Vieria, Robert, 2000, p91)
  • Selain berfungsi untuk melakukan import, export dan transport data yang beragam antara satu atau lebih sumber data, seperti misalnya SQL Server, Microsoft Excel atau Microsoft Access, DTS juga menyediakan hubungan berupa ODBC (Open Database Connectivity) data source yang disupport oleh OLE DB Provider for ODBC dan service seperti logging package execution details, controlling transactions dan penanganan variable global.

Tool-tool yang tersedia untuk menciptakan dan mengeksekusi DTS packages

  1. Import Export Wizzard
Import/Export Wizard untuk membangun DTS packages sederhana dan mensupport perpindahan data dan transformasi sederhana.Import Export Wizzard
  1. DTS Designer
DTS Designer mengimplementasikan DTS object model graphically yang memungkinkan user untuk menciptakan DTS packages dengan fungsi luas.
  1. DTS Run
DTSRun merupakan command prompt utility yang digunakan untuk mengeksekusi DTS packages yang ada.
  1. DTSRunUI
DTSRunUI merupakan grafik interface untuk DTSRun, yang juga mengijinkan pemakaian variable global dan command lines.
Sebuah DTS package biasanya terdiri atas satu task atau lebih. Setiap task mendefinisikan jenis pekerjaan yang akan diberikan selama eksekusi package. Task-task tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsinya berikut ini:
  1. Transformasi data
  2. Mengcopy dan mengatur data
  3. Menjalankan tasks sebagai jobs dari dalam sebuah package
  • Agar eksekusi DTS tasks dalam menyalin dan memindahkan data berjalan sukses, sebuah DTS package harus mempunyai hubungan yang valid antara sumber data asal dengan sumber data tujua. Ketika menciptakan sebuah package, user dapat mengkonfigurasikan hubungan dengan memilih jenis hubungan dari daftar yang tersedia pada OLE DB providers dan ODBC drivers. Jenis hubungan yang tersedia antara lain:
  1. Microsoft Data Acces Component (MDAC) drivers
  2. Microsoft Jet drivers
  3. Other drivers
  4. OLE DB CONNECTION