Perkembangan Teknologi Informasi Pada PT Pos Indonesia



PT Pos Indonesia sampai saat ini bisa berdiri itu semua tidak lepas dari Teknologi yang di pakai oleh PT Pos Indonesia sendiri.
Dari layanan yang ada pada PT Pos Indonesia kita dapat melihat perkembangan teknologinya.

1. Same day delivery / pos express

Layanan yang artinya barang tiba pada hari yang sama dengan waktu pengiriman dalam tempo 24 jam. Terdapat 116 kota telah berhasil menjalankan layanan tersebut. Ketepatan pengiriman barang meningkat menjadi 96%. Dalam layanan ini PT Pos indonesia menggunakan sistem tracking yang dimana jaringan pos terintegrasi dan terkoneksi yang memungkinkan status kiriman lebih mudah di lacak.

2. EMS (Express Mail Service) & i-post

EMS merupakan layanan logistik secara global dengan layanan ini kiriman surat atau barang akan lebih cepat sampai ke negara tujuan. Standar waktu penyerahan maksimal 3 hari. Dalam layanan ini PT Pos bekerja sama dengan PTUPS Cardig International sebagai market leader dalam bisnis logistik dunia. Selain itu juga ada jaminan uang kembali jika masa pengiriman melibihi waktu yang di tetapkan. Pelanggan juga dapat melacak perjalanan barang yang dikirimnya melalui website PT Pos. Layanan ini menggunakan sistem online sebagai sistem tracking.
Sedangkan i-post layanan pengiriman surat atau barang dalam jangkauan domestik.

3. Enterprise Resource Planning (ERP)

PT Pos menggunakan ERP untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya, informasi dan aktivitas yang yang diperlukan untuk proses bisnis.

4. Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)

PT pos memanfaatkan sistem CRM adalah untuk mengelola program - program yang ada.
contoh :
  • Program Jejak Pendapat 
Sarana untuk berkomunikasi dengan PT. Pos Indonesia tentang kiriman maupun informasi jasa pos Indonesia, yakni melalui Email, Facebook dan Twitter, yang dapat diakses secara langsung dari website PT Pos Indonesia.
 
Jejak Pendapat

5. Aplikasi Supply Chain Management (SCM)

Selain mengembangkan sistem dalam bidang pengiriman surat atau barang PT pos juga mencoba sasaran bisnis lain yakni dengan mempunyai outlet belanja produk–produk lengkap khas Indonesia secara online yang bernama Plaza Pos yang dapat diakses melalui website dengan alamat www.plazapos.com Serta memiliki program www.e-fila.com yang menjual produk prangko Indonesia.
PT. Pos Indonesia memanfaatkan sistem SCM untuk mengelola akun-akun pemasoknya.
  • Pemasok utama adalah mereka  yang telah mempunyai pengetahuan memadai mengenai sitem informasi dan internetworking, serta mempunyai akses jaringan yang baik, dapat memantau data dan kegiatan pasokan mereka secara online dan realtime.
  • Pemasok konvensional yang masihmenggunakan telepon atau cash and carry dikelola datanya oleh karyawan mitra utama, dimana transaksi dilakukan
 
Sistem SCM pada program e-fila

Sistem SCM pada program Plaza Pos




6. Aplikasi Transaction Processing Systems (TPS)

Sistem ini mendukung program Plaza Pos yakni dalam pembayaran secara online.

Sistem Permrosesan Transaksi Online di Plaza Pos



7. Aplikasi Integrasi Perusahaan / Enterprise Application Integration (EAI)

Aplikasi EAI pada PT Pos Indonesia salah satunya adalah member area pada plaza pos dengan demikian perusahaan mengetahui informasi pelanggan yang mengunjungi Plaza Pos.