Sistem Informasi Strategis

Adalah sistem informasi komputer yang di gunakan pada ringkat organisasi yang mengubah tujuan operasional, produk, jasa, dan hubungan lingkungan unuk membantu organisasi memperoleh keunggulan yang kompetetif.

Pengaruh bersaing Sistem informasi strategis
  • Siklus Pengembangan produk : Mengurangi penelitian dan pengembangan produk, produksi dan waktu distribusi produk
  • Memperkuat Kualitas produk : Menjadikan produk/jasa lebih andal atau memperpendek waktu pembuatan produk
  • Keompok Penjualan dan dukungan penjualan : Mengidentifikasi langganan dan mendukung aktivitas penjualan
  • otomatisasi siklus pesanan : Mengurangi upaya/biaya penyerahan produk dan pemrosesan order.
  • pengurangan biaya kantor : Mengurangi waktu untuk tugas dan fungsi-fungsi kantor lainnya
  • Manajemen Saluran produk dan Persedian : Mengurangi persediaan dan menjadikan persediaan produk jadi atraktif bagi pelanggan
  • POengurangan Level Manajemen : Mengeliminasi perantara dan fungsi yang menyaring, menyebarkan dan manipulasi data
  • Penguatan tampilan produk dan ancaman terhadap produk pengganti : Kemampuan secara lebih fleksibel dalam memenuhi permintaan baru
Pengaruh industri dari sistem informasi strategis
  • Sistem produk dan jasa : Menciptakan /mengubah produk/jasa dengan menambah informasi/teknologi
  • Siklus Hidup Produk : Memperpanjang masa hidup produk/jasa
  • Skop Geografis : Mengurangi keterbatasan pasar atau geografis dari produk/jasa
  • Skala ekonomis dalam Produksi : Peningkatan volume produksi tanpa peningkatan biaya
  • Perpindahan dalam tempat nilai tambah : Mengubah isi produk/jasa dan nilai dengan menambah dimensi bebasis informasi
  • Kekuatan menawar dari pemasok : Kemampuan untuk mengawasi pasar atas harga, ketersediaan, pengiriman atau mutu materil yang dibeli
  • Penciptaan berbisnis Baru : Menciptakan produk atau pasar baru
Penerapan sistem informasi strategis dapat di katakan strategis jika tujuannya memenuhi kriteria sbb :
  1. Mencapai Posisi Kepemimpinan Biaya yang rendah
  2. Menyediakan Diferensisi Produk/jasa dan nilai bagi konsumen yang lebih besar
  3. Menciptalan aliansi antar perusahan dan pemasok serta pelanggannya, sehingga menguragi biaya untuk pemasok dan menyediakan dukungan khusus bagi pelanggannya
  4. Mempertinggi nilai suatu produk jasa dengan menyediakan tampilan atau dukungan yang inovatif
  5. Memungkinkan pertimbuhan pada pasar yang ada secara geografis atau ekspansi volume
  6. Membantu Mengenalkan Suatu produk Ke Pasar